Berikut beberapa strategi komunikasi pemasaran yang sering dijadikan acuan yang dikemukanan oleh Kohler dan Smith.
Advertising. Advertising atau periklanan merupakan usaha penyajian non-personal atau promosi produk yang dibayar oleh pihak perusahaan. Iklan merupakan strategi komunikasi pemasaran dengan media tv, radio, majalah, koran dan lainnya.
Sales Promotion. Promosi penjualan bertujuan untuk meningkatkan keinginan target konsumen untuk membeli suatu produk. Hal ini dapat berupa insetif jangka pendek yang menarik dimata konsumen. Promosi juga bertujuan untuk membujuk konsumen agar membeli produk.
Public Relation & Publicity. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan hubungan antara produk dengan konsumen dan masyarakat umum. Strategi ini dapat dilakukan dengan menjalankan beberapa program menarik yang dapat meningkatkan citra dari produk tersebut.
Personal Selling. Penjualan langsung dapat menjadi strategi komunikasi pemasaran dimana pihak perusahaan dapat berinteraksi langsung dengan konsumen. Dalam hal ini, perusahaan dapat menjelaskan produk lebih detail dan menerima feedback dari konsumen.
Direct Marketing. Pemasaran langsung disini artinya melakukan interaksi langsung dengan konsumen dengan media non-personal seperti email, telepon, surat dan lainnya.
Sponsorship. Pemberian sponsor pada suatu kegiatan dapat menjadi strategi komunikasi pemasaran yang baik. Hal ini dapat meningkatakan brand awareness dan reputasi perusahaan itu sendiri
Corporate Identity. Pembangunan citra perusahaan juga penting untuk rencana jangka panjang perusahaan
Packaging. Kemasan produk dapat menjadi hal yang penting dalam strategi komunikasi pemasaran produk. Kemasan yang menarik dapat mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli produk. Komunikasi ini bisa dalam bentuk desain, warna serta bentuk dari kemasan produk tersebut.
Poin of Sale and Merchandising. Strategi ini dilakukan dengan melakukan display produk serta pembuatan material pendukung seperti poster, stiker, spanduk dan desain dari tempat berjualan.
Word of Mouth. Strategi ini merupakan komunikasi personal yang cukup efektif dalam meningkatkan penjualan produk. Word of mouth sangat efektif dalam mempengaruhi konsumen untuk membeli suatu produk. Konsumen akan membeli produk yang direkomendasikan oleh kenalannya karena menanggap bahwa informasi produk tersebut terpercaya dan personal. Word of mouth dianggap lebih persuasif dibandingkan pemasaran melalui iklan.
Studi Kasus Strategi Komunikasi dan Pemasaran Global
1. Strategi komunikasi dan Strategi Pemasaran sama dengan Negara asal
CLEAR MEN
Produk dari Unilever yaitu Clear Men menggunakan strategi komunikasi seperti ini dengan di branding langsung oleh Cristiano Ronaldo yang mana adalah seorang atlit sepakbola professional di dunia khususnya di Eropa, Cristiano Ronaldo sudah dikenal secara luas oleh orang-orang diseluruh dunia, oleh karna itu iklan Clear Men tidak menggunakan penyesuaian di Negara tujuan.
2. Strategi Komunikasi dan Pemasaran sama dengan negara asal tetapi menyesuaikan dengan Negara tujuan
INDOMIE
Iklan Indomie diluar negeri menggunakan strategi komunikasi dengan pendekatan nuansa keluarga disetiap iklannya, hal ini tidak jauh berbeda dengan iklan indomie yang ada di Indonesia. Oleh karena itu Indomie membutuhkan penyesuaian di setiap Negara tujuan karena budaya kekeluargaan berbeda-beda disetiap Negara tujuan.
3. Komunikasi dan Pemasaran menyesuaikan dengan Negara tujuan tetapi strateginya sama dengan Negara asal
Knorr / Royco
Knorr merupakan produk bumbu penyedap rasa dari Unilever yang berasal dari Jerman, untuk di Negara jepang lisensinya dimiliki oleh Ajinomoto, Strategi komunikasi yan digunnakan adalah merubah Merek atau Nama Produk di setiap Negara tujuan, contohnya di Negara Indonesia menggunakan nama/merek Royco utuk produk tersebut, tetapi masih dengan menggunaan strategi pemasaran yang sama dengan Negara asal produk tersebut baik secara segmenting, targeting, dan potitioning.
4. Iklan Produk yang strategi dan komunikasi pemasaran menyesuaikan dengan Negara tujuan
Durex
Durex merupakan produk kontrasepsi. Iklan Durex diluar negeri sangatlah vulgar, ketika di Indonesia dimana Negara yang menjunjung tinggi adat kesopanan, maka perusahaan tersebut menyesuaikan strategi komunikasi agar bisa diterima di Indonesia.
0 Komentar untuk Definisi Strategi Komunikasi Pemasaran & Studi Kasus